h1

RIZQI

Juni 12, 2010

Apa itu rizqi?

Setiap manusia memiliki rizqi masing-masing yang sudah ditentukan oleh Alloh, Namun manusia adalah makhluk berakal yang diberikan oleh Alloh yang tidak diberikan kepada makhluk lain. Maka manusia dianjurkan mencari rizqi dari Alloh yang tersebar diseluruh bumi ini.

Ada banyak pengertian rizqi , antara lain disampaikan oleh Prof. Dr. Mutawalli Asy-Sya’rawi, ia mengatakan  “Rizqi adalah apa yang dapat dimanfaatkan oleh pemiliknya.”

Dalam perspektif Islam, rizqi merupakan anugerah nikmat yang dikaruniakan Alloh SW kepada manusia untuk kepentingan kehidupan baik jasmani maupun rokhaninya, seperti makan ilmu dan sebagainya, rizqi juga berarti ” makanan dari Tuhan, pemberian Tuhan, bekal dari Tuhan, dan anugerah dari Tuhan”

Alloh memberikan rizqi kepada manusia baik jasmani maupun rokhani, jasmani misalnya, makanan, pakaian, rumah, dan segala hal yang berkaitan dengan cara memperolehnya, rizqi jasmani ini diberikan kepada semua makhluk di bumi ini, baik orang beriman maupun kafir, yang baik maupun yang jahat. sedangkan rizqi rokhani misalnya, ilmu pengetahuan, kecerdasan, taufik serta hidayah dalam kehidupan.

Di akhir ayat 212 surah Al-Baqarah, Alloh berfirman yang artinya: ” Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertaqwa itu lebih mulia daripada mereka di hari Kiamat. Dan Alloh memberi rizqi kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas”

Jadi Alloh memberikan rizqi kepada setiap manusia tanpa memeilih- milih, untuk memenuhi kebutuhannya baik jasmani dan rokhani.

Manusia terkadang melupakan rasa syukur atas rizqi yang biberikan oleh Alloh, dalam surah Ar-Rahman, Alloh berkali-kali menegaskan kepada manusia , “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan”.

Maka sebagai manusia sudah selayaknya kita harus berusaha untuk mencari rizqi dengan cara yang baik dan halal, selain itu manusia juga harus memohon dan berdo’a kepada Alloh SWT, agar dikaruniai rizqi yang halal, Amin.

3 komentar

  1. Menarik sekali bu postingnya, salam kenal balek.


  2. …bu… kug ga’ ada kisi*nya buadt ulangan semester…???he…



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: