h1

BUDI PEKERTI

Oktober 7, 2009

l.  Apa ?

Budi pekerti: adalah  sifat atau perilaku manusia yang scr sadar hidup dalam tata kepribadian yang penuh dengan kesopanan, dan tata krama.

2. siapa?

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling mulia, yang dalam tubuhnya ada zat suci yang dijaga oleh syaraf-syaraf yang lembut dengan perangkat yang namanya OTAK, dalam otak inilah bersinggasana Sang Cahaya yang berfungsi senagai antene dan sanggup berkomunikasi dengan sumber cahaya secara universal atau global.

Adalah sosok makhluk yang terdiri atas jasmani dan rokhani, badan manusia sering disebut MICROCOSMOS. Ada 4 unsur material yg membentuk  tubuh manusia ( NITROGEN, HIDROGIN,CARBON dan OKSIGEN0. tetapi dari semua keberadaan material tadi dalam dirinya terbungkus suatu CAHAYA SUCI, yang menyebabkan manusia bisa : Mengerti, Menyadari,Berkreatifitas,Menangis,Tertawa dsb. Inilah yang disebut ROKHANI ( JIWA ).

3.   Mengapa ?

Karena manusai punya Amanah : MEMAYU HAYU ING BAWONO ( MENJAGA PERDAMAIAN DUNIA ).

4.  Kesimpulan

Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna harus mempunya Budi Pekerti yang luhur, karena ditangannyalah tanggung jawab untuk menjaga  Perdamaian Dunia

UPAYA MENGENAL DIRI

Setiap individu harus dapat mengenal dirinya sendiri : ( WHO AM I ),  ada 2 faktor yang menentukan watak seseorang, yaitu : Gen  dan Lingkungan, berdasarkan kedua faktor tsb  terbentuklah watak seseorang.

Ada 4 tipe watak manusia yaitu :

  1. Sanguinis:  temperamen optimis, periang, enak diajak bergaul tetapi sulit menepati janji.
  2. Plegmatis: temperamen optimis,tenang, tekun, tepat janji, dan bisa diandalkan dan setia tetapi tidak mudah jatuh cinta.
  3. Melancholis: temperamen pesimis, pemurung selalu was-was dan penuh ketakutan, tidak enak diajak bergaul, wajahnya selalu memelas, tetapi tekun tahan menderitadan bersikap tenang dalam menghadapi masalah.
  4. Choleris: temperamen pesimis, agresif , pemarah.

Kesimpulan

Setiap manusia, tidak mungkin hanya punya 1 macam watak, tetapi yang sering kita jumpai adalah campuran dari ke empat macam watak diatas.

Pertanyaan ?

  1. Apa yang dimaksud dengan Budi Pekerti?
  2. Mengapa manusia harus berbudi Pekerti?
  3. jelaskan hubungan antara manusia dengan perdamaian dunia?
  4. Mengapa manusia harus mengenal dirinya sendiri?
  5. Setiap orang tidak mungkin mempunyai tipe murni, tetap gabungan dari ke empat tipe tersebut diatas! manakah tipe yang paling sesuai untuk diri anda? jelaskan mengapa anda merasa paling sesuai dengan tipe tersebut?
  6. Sebutkan apa saja kemampuan/ bakat khususmu?
  7. Sebutka persoalan-persoalan yang merisaukan dirimu?
  8. sebutkan 3 jenis kegiatan di waktu luangmu, selain belajar di sekolah!

6 komentar

  1. wah……….bagus2 mohon ditambah nilai sya


    • boleh kenapa enggak


    • pasti dong asal kamunya berbudi yg manis oke!


  2. bu nilai saya di tmbah ya……………..hahahah


  3. mama…. rizal kangen ma mama anik…? mama anik kog sombong banget sc?
    heeeee……heeeeeee……


    • maaf saya terlambat baca nanda ku sayang habis saya lama gak buka blok saya habis sibuk banget klau kangen ke rumah dong



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: